Selamat Datang di Yayasan Pesantren Islam Al - Oesmaniyah PTDI # Iskariiman Aumut Syahidan # Hidup Sekali, Hiduplah yang Berarti # Khoirunnas Anfauhum linnas #

Kamis, 14 Juli 2011

PENDAHULUAN

A. Urgensi Pendidikan Berbasis Islam

Kebutuhan masyarakat akan pendidikan adalah realita yang tidak bisa dikesampingkan, akan tetapi pendidikan tanpa basis agama kadang menjadi keprihatinan, karena aspek idiologi dan moral tidak lagi menjadi substansi dari watak pendidikan tersebut. Sementara fitrah dan naluri hidup dalam bermasyarakat, manusia sangat berhajat kepada idiologi / prinsip dan moral yang jelas dan benar.

Islam sebagai sistim hidup yang sempurna, sangat menekankan dalam masalah pendidikan ini, yaitu sebagai proses pembentukan kepribadian beriman (beridiologi), berilmu dan berakhlaq. Karena pendidikan adalah salah satu jalan yang dapat mengantarkan manusia mencapai kebahagiaan dan kesejahteraan hidup dengan terhormat dan bermartabat, Allah SWT berfirman :
"Allah mengangkat derajat diantara kamu sekalian akan orang-orang yang beriman dan berilmu" (QS.Al-Mujadalah:11)

Rosulullah SAW bersabda :
"Siapa yang menginginkan dunia maka dia harus berilmu, siapa yang meginginkan akhirat dia harus berilmu dan siapa yang menginginkan keduanya maka dia juga harus berilmu" (Al-Hadits).

Berdasarkan argumen diatas, menjadi sangat penting bahkan keharusan kepada kita semua umat Islam untuk mempertahankan lembaga pendidikan berbasis Islam, seperti lembaga PTDI ini.

B. Umat Islam Memiliki Jati Diri

Allah telah memuliakan hamba-hamba-Nya dengan agama yang hanif dan Islam yang Agung. Dengan agama ini umat Islam pernah bersatu menjadi kekuatan besar Yang mensejahterakan atas kehidupan umat manusia, dan seandainya umat Islam tetap berpegang dengan agamanya, insya Allah dia akan menjadi umat yang terbaik. Sesuai dengan firman Allah SWT :

"Kamu adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk kepentingan manusia, menyeru yang ma`ruf dan mencegah yang munkar dan (senantiasa) beiman kepada Allah" (QS.Ali Imron:110)

Tetapi umat ini akan menjadi lemah tatkala umat Islam tidak lagi konsekwen dengan berpegang atas agamanya tersebut.

Itulah jati diri yang semestinya dipertahankan oleh umat Islam tidak boleh walau sedikitpun bergeser dalam memegang prinsip-prinsip dan bergeser dalam mengaplikasikan nilai-nilai keislaman.

C. Karakteristik Pendidikan Islam di PTDI

Pendidikan Islam di PTDI memiliki watak dan karakteristik tersendiri yang dipadu dari tiga dasar ajaran Islam yaitu Aqidah, Ibadah dan Akhlaq. Perpaduan ini dimaksudkan agar peserta didik kelak menjadi manusia yang memiliki aqidah (prinsip keyakinan) yang kuat terhadap Islam, tekun dan benar dalam melaksanakan ibadah, jauh dari amal tahayul, khurafat dan bid`ah serta memiliki kepribadian berakhlakul karimah.

Aspek-aspek ini sudah tertuang dalam silabus dan metodelogi pengajaran dari sejak awal didirikannya lembaga ini. Dan alhamdulillah PTDI telah banyak meluluskan alumni-alumni seperti yang dimaksudkan tersebut."

0 komentar:

Posting Komentar

  © Terima Kasih.

YAPIS AL - OESMANIYAH PTDI